Friday, August 22, 2014

School Holiday @ Bangka (part2)

Hari ini hari terakhir kita di pulau Bangka. Besok kita ke bandara, naik pesawat ke pulau Belitung. Cerita sebelumnya bisa dibaca disini .
Pagi ini kita breakfast di hotel dulu, setelah itu sekitar jam 10 an kita baru jalan keluar hotel. Tujuan pertama adalah mengunjungi Gua Maria Pelindung Segala Bangsa Belinyu. Dari jalan raya kita bisa liat papan penunjuk Gua Maria, dari sini kita masuk jalan kecil sekitar 100 meteran. Setelah itu barulah meluas... kaya lapangan gitu bisa buat parkir mobil dan bis kita.

Goa Maria nya disini banyak pepohonan, cukup rindang dan teduh
Ada yang mendirikan kaya prasasti gitu sebagai ucapan syukurnya.
Goa Marianya ini terletak di atas bukit kecil, yang bernama Bukit Mo Thian Liang yang artinya Bukit Menggapai Langit. Sehingga goa terletak di bagian atas, jadi kalo kita mau doa pasang lilin kita bisa ikutin jalan setapak diatas situ. Jalannya aman kok gak curam. Anak - anak aja bisa pada sampe di depan goa nya. Sementara untuk air sucinya ada dibagian bawah...dekat dengan Bilik Hening.
Goa Maria + tempat pasang lilinnya naik ke atas.
Our big family yang gak lengkap
Kita sempet foto sekeluarga disini. Dibawah goanya, disini kaya tempat misa terbuka gitu... banyak bangku - bangku panjang semen. Si papi masih di kursi roda, tapi sebenernya udah bisa jalan normal tuh... cuma blon kuat kalo lama- lama suka pegel. Kalo di kamar hotel sih udah jalan - jalan sendiri. Sayang yaa... foto kali ini gak lengkap nih... banyak yang ada acara sih... ! Padahal biasanya kalo liburan bareng terus loh... kali ini aja kebetulan bentrok.
Makan siang, menunya sea food lagi...
Dari Goa Maria lanjut kita makan siang dekat daerah situ, gak jauh paling 10 menitan doang naik bis. Kita makan di resto Mink Mink. Ini resto chinese food. Makanannya enak...namun gak istimewah yaa. Biasa aja lah. Dari sini kita mampir bentar ke tukang otak - otak yang ada dipinggir jalan deket goa Maria. Kalo menurut aku rasanya biasa ajaa... yaa so..so.. lah. Soalnya aku juga kurang tau tempat otak - otak yang enak itu persisnya dibelah mana. Ini kita nurutin si sopir sama guide nya aja. Tapi rasanya bukan tempat otak - otak yang ngetop itu deh... soalnya gak gitu rame,  paling cuma ada 2 0r 3 tamu doang. Setelah ini kita dibawa ke desa Gedong. Desa ini adalah perkampungan chines tertua di Bangka yang telah ada sejak sekitar abad ke 18.  Kabarnya penduduk desa ini merupakan keturunan dari orang - orang china daratan (Tionghoa Hakka) . Mereka didatangkan oleh Belanda untuk menambang timah di pulau Bangka. Asalnya dari provinsi Guangdong, karena warga Guangdong ini konon penambang andal.
Disini kita bisa melihat rumah - rumah tua, yang belum mengalami perubahan. Konstruksinya masih memakai pasak bukan paku. Diperkirakan usianya sudah lebih dari 100 tahun. Karena penduduk desa ini agak tertutup, maka guide kita berpesan kita disini sebentar saja untuk foto - foto didepan rumah tertua, setelah itu perjalanan akan dilanjutkan lagi. Disini aku gak turun bis, cuma hubby aja sama beberapa orang yang turun.
Makan siang udah, nyobain otak - otak, mengunjungi rumah tertua  juga udah, tujuan selanjutnya ke pantai Matras.  Pantai ini terletak di desa matras, bersebelahan dengan pantai Parai. Jadi kita mampir ke sini dulu sebelum balik ke hotel. Pantainya landai banget. Pasirnya putih dan halus banget. Beda sama pantai parai, pasir di parai sedikit lebih kasar kalo dibandingin sama pasir disini. Dipinggir pantai ini banyak pohon kelapa. Sayang ..... waktu kita ke sonon matahari sedang bersinar terik banget.... trus gak bawa baju ganti pula....! Akhirnya anak - anak di wanti - wanti... yang main air kakinya aja yaa.... ntar renangnya di pantai hotel aja (pantai parai). Untungnya kita gak lama disini... jadi baju anak - anak selamat masih kering...

Awas.... baju basah yaa.... ! Celup - celup kaki aja.
dilema gak bawain baju ganti buat anak
Abis dari pantai matras kita balik ke hotel. Ternyata cuma 5 menitan doang dah sampe lagi di lobi hotel. Setelah matahari gak begitu kejam bersinar, nahh anak - anak mulai deh... main seru di pantai. Berhubung hari ini hari terakhir kita nginep di parai ini, ikutan anak - anak ah... renang di pantai. Menikmati hari terakhir di pantai parai judulnya ..
Malemnya para lelaki dari rombongan kita niat hunting duren lagi. Jadilah mereka pergi naik bis ke tempat jualan duren. Tempat jualan duren ini kalo siang itu terminal bis. Sepi gak ada tukang - tukang jualan. Nah begitu sore menjelang malam , baru rame..! Banyak yang jualan di sini. Mulai dari tukang duren, roti panggang, martabak banyak macemnya deh.
Tukang duren yang berjejer di pinggir jalan, ayo dipilih - dipilih ...
Kebetulan juga rombongan kita kali ini pada doyan duren, orang dewasanya. Walau durennya kecil - kecil, tapi duren bangka ini manis - manis loh...! Jarang ada yang hambar. Malam ini kita pesta duren deh...! Kita bawa balik ke hotel, makan di pendopo depan villa, sambil menikmati angin laut. Manntaafff ..... suasananya dapet... rasanya juga enak ...(๑ˆڡˆ๑) . Besok kita check out, trus makan siang lanjut ke bandara buat naik pesawat ke Belitung. Pesawatnya sekitar jam 16.00 an lah. Jadi malam ini packing - packing dulu.

1. haiii.. wah jadi kangen bangka :) terakhir kesana udah 5 tahun lalu kayanya, waktu ngerayaan birhday si Kungkung yang ke 88 (atau 90), lupa :) sayang setahun kemudian kung2 nya meninggal :( Kangen pantai Parai, kangen mie bangka asli, kangen martabak bangka, kangen kerupuk bangka :)

2. Hai mell,.... makanan di bangka emang enak - enak yaa.... apalagi kerupuk bangkanya. Cuma kemaren penasaran sama otak - otak yang enak deket goa maria itu loh.... belon nemu . Tapi beneran loh bangka itu emang ngangenin.....pantainya, makanannya. Aku aja pengen nih balik lagi liburan ke sono. ^_^