Friday, August 15, 2014

School Holiday @ Bangka (part 1)

Setelah cape, deg-degan, emosi labil dan kesabaran habis, sekarang giliran kita liburan. Seneng - seneng, jauh - jauh dari rumah sakit and atributnya. Si papi gimana ?? Ikut doongg..... kan kita bawa kursi roda lipet bisa didorong - dorong sampe pesawat. Di bangka ??? Amannn.... kali ini kita ngajak temen - temennya si eddie jadi di bangka ntar kita pake bis kecil. Tour nya kita yang atur sendiri bikin acara sendiri
Kali ini rombongan kita gak lengkap, si laura, sama sepupunya viny and deo ikut summer camp ke china. Dia berangkat tanggal 23 Juli jam 7 pagi. Sementara adikku si elin ikut hollyland tour bareng guru - guru disekolahannya. Dia berangkat tanggal 23 Juli juga cuma jam 11 an malam. Kita ke bangka berangkatnya tanggal 23 Juli juga cuma jam 9 pagi. Jadilah hari itu kita berangkat semua cuma lain-lain terminal dan jam keberangkatannya. Rombongan kita kali ini cuma aku, hubby, sama karen, Mami and papi trus sama esye , eddie , keisha and brienna . Sisanya adalah temen - temennya si eddie yang gabung sama kita. Pesawat delay 30 menit, kita naik dari terminal 1b.
Kali ini cuma 3 anak yang ikut, yang 3 lagi ikut summer camp ke China
Brienna, Keisha and Karen.
(1) Plang rumah makan Asui     (2) Nah tempat makannya masuk gang disebelah plang itu dikit
(3) Ruang makannya, cukup luas juga and bersih.
Sesampainya di bangka, kita dijemput pake bis kecil. Setelah urusan bagasi selesai, kita menuju rumah makan Asui, mo makan siang.Dari kejauhan udah keliatan tuh plang rumah makan Asui gede and warna merah menyolok. Trus tapi kok gak keliatan rumah makannya, cuma plang doang. Wahh... jangan - jangan tutup nih. Tapi bis tetep berhenti and parkir deket plangnya situ. Gak taunya rumah makan ini adanya didalam gang kecil sekitar 50 m dari papan iklannya.Nah... baru deh kelihatan deh ruang makannya . Resto ini menyediakan macam - macam sea food . Kalo menurut guide kita, resto ini adalah salah satu resto favorite turis tiap kunjungan ke Bangka.
Daftar menu resto seafood Asui
Setelah milih - milih menu, akhirnya siang itu kita pesan ekor tinggiri bumbu pedas sama minta satu lagi ekor tenggiri panggang bumbu kecap buat anak - anak. Tumis kangkung, Kepiting lada hitam, sama kerang lupa masak apa tuh...! Minumnya kita nyobain es jeruk kunci. Walau tampangnya gak menarik, kaya air putih keruh gitu.... tapi rasanya uennaakk.... (๑ˆڡˆ๑) . Seger banget... apalagi diminum siang - siang yang panas gitu...! Rasanya kurang lebih kaya jeruk peras gitu... manis ada sedikit asamnya.
Yang agak kaget... begitu pesanan ekor tenggirinya dateng.... kirain kecil makanya kita berani sampe pesen 2, taunya ... gueede banget. Baru pernah liat ekor ikan tenggiri yang gede gitu. Ini mah dimakan 4 orang dewasa juga masih bisa sisa. Begitu nyoba, daging ikannya lembut banget, bumbunya mantaff.... pedasnya berasa banget. Top lah.... rasanya....! Selama kita di Bangka kita juga nyobain ekor ikan tenggiri ini di resto lain, tapi teteppp yang paling enak and bumbunya paling berasa di resto Asui ini. Gak salah deh resto ini jadi favorit turis bangka, enak - enak masakannya.

(1) Es jeruk kunci, walau tampangnya biasa, rasanyaa... suegeer
(2) Ekor tenggiri yang guedee bumbu cabe
(3) Yang ini dibakar bumbu kecap... uenakkk
(1) Lupa... apa yaa ini kayaknya kerang gitu masak kuah
(2) Tumis kangkung
(3) Kepiting lada hitam, yang sudah disikat habis ....
Selesai makan, si mami minta bungkus sayur juga disini buat makan entar malam. Soalnya si mami cape, jadi ntar malam mo makan di hotel aja sama papi. Lagian si papi juga males keluar lagi ntar malam. Selesai makan ... kita cabut ke museum timah.  Disini gak lama, cuma masuk liat - liat bentar trus jalan lagi. Masuk museum ini free... disini kita bisa liat sejarah timah yang banyak terdapat di pulau Bangka ini.
Museum timah di Bangka
Dari Museum timah ini kita lanjut mampir ke tempat ibadah Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin. Disini ada sumur yang gak pernah kering. Air nya bisa dipake buat cuci muka supaya awet muda. Istilahnya kaya air suci gitu ... bisa buat penyembuhan juga. Yang surprise begitu kita liat ruang sembayangnya, ditengah ada patung dewi Kuan Yin lagi duduk, depannya tempat pasang hio untuk doa. Nah... disebelah patung dewi itu ada patung Bunda Maria. Ada 2 lagi patung bundanya. Di depan patung bunda itu disedian juga tempat pasang lilin buat yang mau doa.

Tempat ibadah Dewi Kuan Yin.  Yang Dipagerin itu sumur air sucinya.... kalo mo minta airnya
kita tinggal kasih botol, ntar diambilin air sama yang jaga pake gayung.
Setelah selesai...kita jalan ke Hotel, mo check in. Di bangka ini kita nginep di Parai Beach resort. Letaknya bener - bener dipinggir pantai. Jadi anak - anak bisa puas deh tuh main di pantai. Hotel parai ini sebenernya hotel udah lama... tapi dalemnya masih terpelihara, bersih no complain lah.
Dari loby hotel, kita masih harus turun jalan ke villa. Jadi si papi naik kursi roda aja, soalnya jalannya lumayan . Nah... ternyata jalannya itu turunan tajam. Jalanan semen semua sih, bisa dilalui kursi roda. Tapi ada yang jalan didepan kursi roda buat jaga - jaga kalo yang dorong kursi roda gak bisa ngerem. Akhirnya sampe juga di villa dengan aman. Langsung leyeh- leyeh sambil nunggu petugas nganterin koper kita. Kalo mo liat hotelnya bisa diklik disini yaa .
(1) Parai Beach Resort   (2) Jalanan dari loby menuju villa kita
(3) Foto dari teras villa ke arah pantainya
Villa kita,  begitu masuk ada ruang duduk kecil dulu sebelum masuk ke kamar.
Interior kamarnya masih model lama, tapi bersih and Ac nya juga dingin.
(penting banget tuhh soalnya kalo daerah pantai kan panas)
Kamar mandinya luas banget, hampir menyamai ruang tidur kita tuh.
Yang namanya anak - anak begitu liat pantai bening, gak tahan banget... mulai deh ribut mo renang. Padahal koper nyampe aja belon. Lagian matahari masih semangatnya tuh bersinar terik. Akhirnya setelah matahari menghilang dikit, emaknya udah sempet atur - atur koper dan lain-lainnya, kesampean deh si karen renang. Disini pantainya landai banget.... dan jarang ada karang. Bener - bener enak deh buat renang. Kaki juga gak sakit nginjekin karang, pasir halus semua yang berasa dikaki.
Karen and Keisha puas deh.... bentar mereka renang, gak lama lagi ke pantai main pasir... ntar renang lagi. Apalagi kei bawa perlengkapan untuk main pasir. Puas deh mereka .
Karen and Keisha main di pantai parai, brienna ikutan main pasir  di pantainya aja.
Pemandangan menuju ke The Rock Island Grill and Bar, bagus banget deh...
Sekitar 200 meter dari villa kita, itu ada The Rock Island Grill & Bar. Resto ini merupakan salah satu fasilitas dari hotel parai yang terletak di atas pulau kecil.  Sayang waktu itu aku gak jalan sampe ke ujung buat liat The Rock ini,jadinya hubby aja yang jalan keujung buat foto - foto. Pemandangannya bagus banget... banyak batu - batu besar . Disini juga awannya bagus banget... bisa kaya dilukis gitu.
The Rock Island  dari kejauhan.
Parai Beach
Berhubung anak - anak udah cape renang and main pasir. Akhirnya pada makan di hotel aja deh . Untung tadi si mami bungkus nasi + sayurnya yang dari resto Asui porsi besar, jadi anak - anak bisa makan dulu deh. Berhubung udah cape, aku males keluar lagi. Jadinya hubby aja yang keluar  makan malam sama anak - anak + rombongan yang lain. Aku tunggu hotel aja... leyeh - leyeh, toh tadi juga udah makan, masih kebagian jatah nasi.
Malemnya sekitar jam 9 an malam rombongan baru balik hotel, bawa martabak bangka oiy.... (^O^) truss bawa duren pula.... haduhh rusak deh nih diet... malem-malem makan terus .  Durennya ueenakk maniss walau kecil- kecil. Kalo martabaknya aku bilang sih biasa aja yaa... malah lebih enak martabak yang di Jakarta menurut aku. Abis pesta duren + martabak malam - malam gitu, aku ajak karen balik ke villa tidur. Anak-anak pada gak doyan duren, mereka makan martabak aja. Jadi masih gampang nyuruh tidurnya. Lagian udah cape juga kali... renang, main pasir, ikut keluar jalan - jalan makan malam. Untung karena ini rombongan sendiri, besok start jalannya gak pagi - pagi banget.  Besok juga itinnya gak gitu padet, ke Goa Maria, makan otak - otak, mampir pantai bentar trus balik ke hotel lagi.