Monday, November 2, 2015

D-5, Our last day at Yogya

Hari ini hari terkahir kita di yogya. Semalem kita udah packing jadi pagi ini koper semua udah beres. Semua koper akan diturunin sebelum kita breakfast. Nantinya akan dititip di lobi hotel. Kita masih ada acara jalan- jalan hari ini. Setelah itu kita akan balik ke Jakarta naik kereta api lagi yang malam. Jadi sampe di Jakarta pagi - pagi, pengalaman baru lagi buat anak - anak , ngerasain bermalam tidur di kereta.
Setelah beres breakfast tujuan pertama kita beli bakpia. Kita langsung diajak ke tempat pembuatan bakpianya. Kita diajak pak Handoko ke bakpia pathok 25.

Toko sekaligus tempat pembuatan bakpia pathok 25
Karena masih lumayan pagi, tamu nya juga gak gitu rame. Cuma rombongan kita sama ada beberapa orang yang lagi milih - milih. Disebelah  tokonya kita bisa liat ada beberapa perkerja yang lagi bikin dan bungkusin bakpianya. Disini ada macam - macam rasa bakpia. kita bisa pilih - pilih. Enaknya kalo beli disini bakpianya baru mateng masih terasa hangat. Sensasi makannya pun beda. Setelah belanja, si mami buka bakpia yang baru dibeli buat dimakan disini. Ternyata makan bakpia yang masih hangat itu jauh lebih enaak . Empuknya lebih berasa, gurihnya lebih nendang. Mantep banget deh... sampe rasanya gak pengen berhenti nyomot ....he..he...he... ^_^.
Dari sini kita lanjut ke pasar beningharjo. Yang cewek - cewek termasuk nyokap and hubby turun disini buat belanja batik. Sementara iparku and anak - anak di bawa keliling nyari kopi and kulineran. Kita dikasih waktu sekitar 2 jam an, kemudian akan dijemput lagi di tempat semula. Mulai deh penjelajahan kita nyari batik, keluar masuk toko - toko batik, sampe lumayan pegel. Tapi hati pada puas ... semua udah dapet tentengan batik. Pas bener waktunya, kita jalan balik ke tempat semula. Mobil kita udah parkir nunggu kita.
Acara selanjutnya makan siang. Kali ini kita makan siang di The house of Raminten . Pak handoko bilang , biasanya resto ini penuh menjelang makan siang. Tapi karena kita dateng sebelum jam makan siang, resto masih terbilang sepi. Cuma ada beberapa pengunjung aja.
House of Raminten
Resto ini bergaya jawa, begitu masuk kita liat jejeran bangku banyak banget, trus ada meja kecil buat daftar tamu. Karena masih sepi, kita bisa langsung masuk dan dicarikan meja, gak pake nunggu dulu di ruang tunggunya. Suasanannya cenderung agak gelap sedikit, tapi banyak ruang terbukanya sehingga sinar matahari bisa masuk.Karena ada ruang terbukanya, jadi gak pake ac, tapi dipasang kipas angin yang gede -gede . Tempat duduknya ada yang meja lesehan ada yang meja biasa. Si papi sama mami duduk di meja biasa aja, karena papi susah bangun kalo duduk lesehan. Sementara kita yang muda dan anak - anak milih duduk lesehan, karena lebih nyantai.
(1) Meja dekat penerima tamu
(2) Duduk ala lesehan, tetep ada senderannya
(3) Papan pengumuman yang mengundang senyum
Disini banyak menyajikan masakan jawa dan international. Jadi ada nasi gudeg, nasi kucing tapi ada juga bistik, bubur ayam, sampe capcay. Hubby bingung mau milih makan apa, akhirnyas nanya pak hadoko disini signature foodnya yang enak apa? Atas petunjuk pak Handoko, akhirnya hubby milih ayam koteka, sementara aku tergoda dengan foto nasi pecelnya. Anak - anak pada milih berbagai jenis nasi goreng,ada yang nasgor teri, telur, abon dan ayam. Disini semua menu makanannya mumer, alias murah meriah... ^_^  Bisa dilihat di foto daftar menu nya dibawah ini.

Aneka jenis masakan nasional
Menu cemilan
Sambil nunggu makanan dateng, kita jalan - jalan ngeliat - liat seputar restoran. Ternyata di bagian belakang resto, dekat dengan toiletnya, ada kandang kuda. Ada sekitar 3 atau 4 kadang disana. Masing - masing kandang terisi 1 ekor kuda. Kudanya juga bagus - bagus bulunya. Terlihat bener dirawat dengan baik.
Pertama kali order, liat daftar menu aku agak curiga dikit ... dengan harga semurah ini pasti makananya porsi kecil semua ini. Udah diniatin dalam hati ntar mo coba cemilannya ah... ! Pas dateng ternyata semua makanan porsi normal gak ada yang porsi imut. Yang pertama dateng pesanan hubby ayam koteka. Disajikan dalam batang bambu. Ternyata ini adalah nasi dibumbuin di beri suwiran daging ayam + telur . Kalo menurut aku ini mirip kayak lemper ayam. Cuma kalo lemper ayam kan pake ketan, kalo ini pake nasi + ada campuran telurnya.  Enak... nasinya lembut dan wangi bambu. Suwiran ayamnya juga berasa bumbunya... asin gurih. Nasi pecelnya juga lumayan gede. Di hidangkan secara terpisah. Nasi putih sepiring, dan sepiring lagi sayur - sayuran pecelnya tersusun rapih, ditengah piringnya ada semangkuk kecil bumbu pecelnya, komplit deh. Secara rasa enakk.... akhirnya itu pecel aku makan berdua hubby, kebanyakan kalo makan sendiri.
(1) Nasi pecel, bisa buat berdua nih pecelnya
(2) Nasi ayam koteka, menu khas resto ini 13 rb saja.
Selesai makan ternyata perut kenyang banget...tapi tergiur dengan es cendol . Akhirnya aku keliling siapa tau ada yang bisa diajak berbagi, soalnya kalo sendirian udah pasti gak habis deh... ! Pas ke mejanya si mami ternyata mereka udah pesen es cendol duluan.... hi..hi.... Pas aku tanya cendolnya yang mana, karena banyak yang pesen es di meja itu. Kagetlah aku dan merasa beruntung gak jadi pesen cendol . Gelasnya asli gueedee banget. Lebih mirip akuarium kecil yang bulet itu daripada dibilang gelas. Dan selain cendol, es kelapa  juga pake gelas yang super gede. Yang agak kecilan dikit itu es teler.  Bisa liat deh photo dibawah perbandingan antara gelas minum biasa sama gelas buat cendol dan kelapanya. Kebayang deh kalo beneran aku pesen sendiri bisa kekenyangan setengah mati tuhh ngabisinnya.

(1) Es Kelapa muda jumbo,coba bandingin gelasnya
sama gelas minum biasa... bessarrrnyaaa. dan harganya  16 rb saja
(2) Kalo gak salah ini Es teler harganya 14 rb
(3) Yang ini es dawet (cendol)jumbo, harganya, 16 rb juga.
Selesai makan dengan perut yang amat sangat kenyang , kita lanjut jalan ke tas dowa. Disini selain toko juga tempat produksinya. Tas dowa ini model tas rajutan. Di bagian samping toko kita bisa liat para karyawan lagi menjahit (atau ngerajut yaa?) dan memproduksi tas. Ada lemari gede yang berisi benang warna - warni. Yang paling menarik adalah tempat kerjanya ini bersih loh.... gak ada sampah benang atau apapun juga berceceran di lantai. Benang - benangnya juga tersusun rapih di rak, seneng deh ngeliatnya.
Dowa  bag shop and workshopnya
Tokonya sendiri model kaya rumah jawa, banyak pepohonan hijau, kesannya teduh banget. Memasuki area toko di sebelah kiri ada  sofa besar, meja dengan berbagai toples isi cemilan dan rak tempat majalah. Sudah ada beberapa bapak dan anak - anak yang menunggu disini. Rupanya ini jadi semacam ruang tunggu sementara ibu - ibunya keliling toko. Hubby, iparku and bokap nunggu di sini sama anak - anak. Bokap baca koran, sementara anak - anak sibuk ngobrol sambil nyemilin kacang . Ternyata fasilitas ruang tunggu gak cuma disini, begitu kita pindah ruangan sebelah, kita lewatin lagi ruang tunggu yang out door. Disini juga ditata apik, dengan bangku - bangku dan meja yang berisi toples - toples cemilan + aqua. Suka banget deh konsep tokonya dowa ini. Setelah keliling toko akhirnya si mami dapet tas yang dia suka, beres deh. Dari toko tas ini kita jalan lagi puter - puter sebentar.
Bagian luar toko yang banyak pepohonan hijau, dan
bagian dalam toko yang  apik
Ruang tunggu yang outdoor dan indoor
Setelah rundingan akhirnya diputusin kita makan malam dulu. Setelah itu baru ambil koper di hotel .Kali ini kita makan malam di gudeg Djuminten, karena ada yang mau bawa gudeg dikendil .  Setelah tanya- tanya gudeg ini cuma tahan 1 harian di luar kulkas. Berhubung kita naik kereta api malam, jadi aman lah.... besoknya masih bisa langsung dimakan. Anak- anak sebenernya gak terlalu suka gudeg, untungnya begitu sampe disini disebrang rumah makan ini ada  rumah makan nasi bakmoy. Jadi anak - anak dengan riang gembira milih makan nasi bakmoy aja. Jadilah kita pisah rumah makan. Sebagian makan nasi gudeg sebagian lagi nemenin anak - anak makan nasi bakmoy.  Sayang gak sempet foto nasi gudegnya... udah keburu dimakan baru inget...haduhh belon kefoto...he..he.he...^_^. Nasi gudegnya enak... gudegnya gak terlalu basah dan gak terlalu manis... jadi enak banget rasanya pas banget.

Rumah makan gudeg bu Djuminten
Selesai makan kita ke seberang jalan, nyamperin anak - anak  sama si esye yang lagi makan di restoran nasi bakmoy. Secara rasa anak - anak sih suka ... pada abis makannya. Selain itu disini juga ada menu lainnya kaya soto kudus, nasi pindang dan lain - lain.
Muka ceriah abis kenyang makan
Selesai makan kita, kita akan didrop di stasiun kereta. Nanti semua turun di stasiun , sementara aku, hubby dan si eddie akan ikut pak handoko balik ke hotel buat ngambil koper. Sampe di hotel sambil masukkin koper ke mobil kita cek ulang... jangan sampe ada yang ketinggalan... bisa repot ntar urusannya. Dari hotel ke stasiun gak begitu jauh paling kalo pake macet - macet aja itu 30 menit. Kalo lancar 5 -10 menit udah nyampe lagi.
Sampe distasiun kita cek lagi koper... setelah semua lengkap , baru kita jalan masuk ke stasiun.  Tiket kereta kita jam 20.57 malam. Kita nyampe di stasiun itu sekitar jam 7.45 an. Jadi masih bisa nyantai... beresin bawaan, belanjaan masih bisa di packing lagi masuk ke koper. Masih sempet ngupi - ngupi cantik dulu. Gak berasa tiba - tiba udah kedengaran kereta kita sebentar lagi mau masuk stasiun. Siap - siaplah kita di peron. Setelah semua masuk... duduk manis di tempatnya masing - masing, mulai deh dengan kesibukannya sendiri - sendiri nyari posisi nyaman buat tidur...! Sampe di jakarta sekitar jam 5 subuh, di stasiun gambir. Naik taksi langsung pulang, sampe rumah lanjut tidur lagi.... bangun -bangun tinggal cari makan siang, he...he...he... ^_^.
Selesai deh edisi liburan ke yogya kita kali ini.

1. Makanannya bikin ngiler banget..............apalagi aku asli dari Jawa Tengah juga, jadi semuanya aku doyaaannnnn............., hahaha.........duh, udah lama nih gak pulang mudik ke Jawa Tengah, jadi pengen pulang deh ke Semarang mampir Jogja sekalian kulineran, hihihi.......

1. he...he...iyaa aku juga doyan makanan jawa... enak - enak....! Iya tuh kalo ke semarang sama yogya banyak wisata kulinerannya ... ^_^

2. Sampe lupa loh sama cerita ke Yogyanya saking jarak updatenya jauh hahaha. Untung akhirnya kelar jg ya Nge updatenya. Gue baru tau ada Gudeg Djuminten secara yang terkenal banget kan Yu Djum. Mgkn boleh jg kalau gak terlalu komersil. House Of Raminten itu kl gak salah jg suka bawa rombongan, makanya rame terus. Edan itu gelas segede aquarium mas koki hahaha.

1. ha...ha...ha.... iya nih...ngurusin anak dulu,,, yang satu masuk smp satu lagi masuk sma haduh..... rempong deh... ! Soalnya pindah sekolah sih.... gara - gara yang gede mau pindah sekolah , adenya juga sekalian deh. Biar gak repot anter jemputnya . Iya asli ... gueede banget tuh gelasnya... sampe kaget liatnya... ^_^

3. Astagaaa baru ada lanjutannya nih Nge hahhahaa perasaan baca part awal udah lama banget....
    Itu gelas cendolnya emang gede banget yah, bisa bagi dua kalau nggak kenyang banget apalagi manis gitu :)

1. ha...ha..... iyaaa... lamaaa nih nulisnya...... ! kadang aku suka kagum loh sama kamu fel... cepet banget nulisnya..... bisa selesai semua.... and lengkap lagi ceritanya. Haduh... kayaknya musti banyak latihan nih biar bisa cepet kerjanya.
      Untungnya cendol ini gak terlalu manis, tapi walau begitu tetep aja kuah cendolnya tersisa banyak. Gak kuat ngabisinnya .....bisa buat beberapa gelas tuh...^_^