Saturday, July 27, 2013

Retret tulang rusuk

Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga

Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga

Selamat pagi ayah, selamat pagi ibu
Mentari hari ini berseri indah

Terima kasih ayah, terima kasih ibu
Penuh hati berkata dari kami putra putri yang siap berbakti

Musik/Lagu : Arswendo Atmowiloto
Syair : Arswendo Atmowiloto

Masih ingat keluarga cemara ??? Lagu diatas adalah lagu yang dinyanyikan sebelum sinetron keluarga cemara dimulai. Kalo gak salah judulnya Mutiara Keluarga. Syair lagu ini bagus sekali... sangat kena dihatiku.Syairnya sangat sederhana dan bermakna sekali. 
Untuk memelihara keluarga itu tidak mudah. Setelah hampir 15 tahun menikah aku merasa kehidupanku penuh dengan rutinitas dari pagi sampe sore. Antar jemput anak, masak, antar les, priksa pr, belajar sama anak terus berulang - ulang lagi setiap hari dengan kegiatan yang sama. Emang sih ada libur.. pergi jalan-jalan. Tapi setelah semua itu selesai balik lagi ke rutinitas. Aku merasa diriku agak 'kosong' walaupun tiap minggu ke gereja ... tetep aja masih berasa ada sedikit kekosongan. Duluuu.. sekali (aku lupa tahun berapa he..he.he...) mami ku pernah ikut retret yang namanya retret tulang rusuk. Dia bercerita sangat antusias bahwa retret ini bagus sekali.... walaupun pesertanya harus pasangan suami istri (pasutri) namun yang dibahas tidak hanya mengenai pasutri doang.....tapi ada masalah anak, suami, dan keluarga. Hmmm..mm.. aku jadi tertarik untuk mengikuti retret ini.  
Retret Tulang Rusuk  adalah retret suami istri (pasangan). Walaupun retret ini dibimbing oleh seorang pastur (romo) tetapi retret ini terbuka untuk semua agama. Waktu retret kemarin aja itu ada yang beragama budha dan banyak juga yang beragama kristen. Retret ini dibawakan oleh romo Jusuf Halim,SVD. Retret ini berlangsung selama 3 hari 2 malam. Biaya perpasang nya 1,2 juta ( harga tahun ini loh ....2013). Biaya ini termasuk penginapan, full makan pagi, siang, malam sama coffee break semua beres. 
Sebenernya udah dari 2 tahun yang lalu aku udah niat mo ikut ini retret....awal tahun ini sempet ditawarin temen mo ikutan gak ada nih retret tulang rusuk tapi di ubud bali. Yaa..... kejauhan.... mahal di ongkos, retret ini kan berlangsung 3 hari 2 malam. Batal deh.........! Cari-cari info lagi.... kapan ada lagi nih retret. Googling sana sini juga gak ketemu. Ya sudah cuma bisa titip - titip teman siapa yang tau ada info retret tulang rusuk kasih tau yach.
Akhirnya temen kasih info di grup bb tanggal 19-21 Juli 2013 ini ada retret lagi tempatnya di Wisma SVD , tugu  puncak. Nah.... itu dia... deket... aku juga gak was was kalo ninggalin anak-anak. Ternyata tidak segampang itu. Berkali- kali aku coba hubungin no telp yang dikasih di bb tapi sering gak diangkat. Akhirnya aku hopeless aku tanya lagi di grup... ada no telp lain gak yang bisa dihubungin ?? Temen aku bilang ntar dicariin. Dapetlah no hp salah satu panitia. Dengan catatan sms only. Sip... lancar sms dibalas trus disuruh kirim data - data diri kita dan pasangan. Beres dah terkirim ... tinggal bayar. Minta no rek nya. Dibalas blon ada no rek nya tunggu aja dulu. Waktu itu bulan april kalo gak salah waktu aku daftar untuk retret bulan Juli. Tunggu seminggu.... no rek belon di sms juga. Tanya balik.... sms lagi. Gak dibalas. Sabar.... sabar.... tunggu lagi 2 minggu ... tetep gak ada kabar. Di sms in lagi minta no rek ...juga gak dibalas. Akhirnya masuk bulan Mei.. tetep tu no rekening belon ada. Masuk bulan Juni aku udah pasrah.... ya sudahlah.. emang gak boleh ikut kali yach. Ya...aku gak berharap lagi... liburan anak sekolah tiba ... kita jalan- jalan ke batu malang (jatim park) lanjut ke Bromo dan Surabaya (bisa dibaca disini ). Nyokap sempet nanyain...jadi ikut retret....?? Aku jawab, gak jadi kali... susah gak dikasih no rek nya, jadinya belon bayar nih. 
Pas hari terakhir di Surabaya...... aku dapet sms dari panitia itu, bunyinya bu... jadi ikut retret gak ...? Kalau jadi besok senin tolong ditransfer ke no rek XXX  yach. Jadi hari senin itu kita langsung transfer dan nunggu konfirmasi dari dia. Beres panitia itu dah konfirmasi.  Ye..eyyy jadi juga berangkat ke tugu......!!! Sayang temenku yang ikutan daftar juga, dia gak dikirimin no rek. jadi gak bisa transfer jadi batal ikut deh....('_')
Gak sabar rasanya udah mo cepet - cepet ikutan ... apalagi retret itu pass banget sama ulang tahun aku yang tanggal 20 Juli. Tapi sebelum berangkat... prepare dulu.... anak - anak cuma tinggal berdua di rumah sama mbaknya. Berhubung mbaknya juga baru jadi aku cuma bisa ngandelin laura. Stok berbagai macam nuget, sosis dan telur di kulkas. Pesen sama karen and laura bb harus selalu dibunyiin. Jadi kalo mama bbm bisa langsung dibales. Berangkatnya hari jumat. Jam 3 siang kita diharapkan sudah sampai di wisma SVD puncak. 
Jam 12.20 siang udah beres jemputin anak pulang sekolah. Hubby juga dah pulang dari kantor. Sampe dirumah masukin barang ... ganti baju.. sempet ingetin anak - anak lagi trus titip kunci kamar aku. Karena selama ini anak anak selalu nonton TV di kamarku. Telephone juga ada dikamarku... yang ada dibawah cuma bisa nerima doang gak bisa telp. Jadi kunci kamar harus aku tinggal di rumah. Setelah semua beres... berangkatlah kita ....ternyata masih ada masalah lagi.... begitu aku pegang kantong celana.... ya amploppp kunci kamar nya aku kantongin.....gubrakkk... gimana nih...??? Waktu itu posisi udah di tol dalam kota sampe sekitar halim. Deg...deg..an campur lemes.... si hubby dah ngomel aja tuh. Akhirnya aku coba telp temen... kebetulan sekali dia lagi mo pulang ke gading posisi sekarang ada di sekitar cempaka putih. Langsung kita puter balik janjian di deket hotel patra jasa situ. Aku titipin kunci kamar ke dia. Jadi gak perlu balik lagi  ke gading.... Thanks a lot yach lany....! Akhirnya jam 2 kita masih ada di tol dalam kota. Hubby dah bilang wahhh alamat telat nih...! Untungnya tol lancar gak macet. Yang macet sampe diem berhenti justru di puncak....ternyata ada galian di tengah jalan lagi bikin gorong- gorong. Jadi jalanan itu cuma bisa lewat satu jalur. Fiuhh .... lewat situ lancar lagi....! Akhirnya sampe di wisma SVD itu udah sekitar jam 4. Untungnya lagi acara pertama adalah registrasi trus dilanjutkan coffee break. Jadi karena telat kita gak ikutan coffee break deh. Langsung ke kamar taro barang... balik lagi coffee breaknya dah selesai dilanjutkan misa dan perkenalan.
Bener - bener sesuatu banget deh..... dari awal pendaftaran yang susah... sampe mo pergi aja bisa telat.... gara - gara kunci ketinggalan dikantong bener-bener kaya diuji. 
Disini letak kamar kita, dekat banget sama ruang pertemuannya
Tadinya saya penasaran juga....orang - orang yang pernah ikut retret ini pada bilang bagus.... kalo bisa musti ikut....! Ternyata setelah saya buktikan sendiri emang bener..... retret ini beneran bagus banget. Saya tidak merasa sedikitpun ngantuk atau bosan. Padahal bangun pagi jam 5 ( biasa bangun jam 5.30). Malah waktu 3 hari 2 malam itu terasa berjalan begitu cepat....tau - tau udah hari terakhir. Jadi berasa kurang lama malah...he..he.he...! Pada intinya retret ini membahas hubungan suami dan istri tapi tidak melulu suami istri aja.... ada juga tentang anak - anak kita, tentang orang tua dan mertua kita, tentang agama kita masing - masing. Jadi kita tidak merasa bosan... karena pembahasannya beda - beda. Dan yang paling menarik romo Jusuf Halim bisa menyajikannya tanpa menggurui kita.... dan dia menggunakan bahasa yang gampang dimengerti... bahkan beliau memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari kita. Sehingga kita betul - betul mengerti dan dapat mengingat dengan baik bahan - bahan yang diberikan oleh romo. 
Pada mulanya saya merasa menjadi seorang ibu adalah sebuah tugas yang berat.... karena dia harus mendidik anak, mengurus rumah tangga dan menjaga keluarganya agar tetap menyatu. Setelah mengikuti retret ini saya merasa beban saya menjadi ringan.... karena saya tau bagaimanapun beratnya beban hidup yang akan saya jalani.... Tuhan akan selalu mendampingi.... dan seberat apa pun masalah yang saya hadapi... itu akan berlalu. Itu pendapat saya pribadi loh yach.... ..he.he.h.e....!
Hari kedua retret itu bertepatan dengan hari ulang tahunku.....jadi pas sehabis breakfast kita berkumpul lagi untuk mulai retret. Namaku dan pasangan dipanggil kedepan beserta satu pasangan lain yang rupanya juga berulang tahun. Kita dinyanyiin sama romo trus dikasih hadiah ulang tahun yaitu sepasang gelas (mug) dengan logo retret tulang rusuk.......\ (•◡•) / yey...!
Mug hadiah ultah.
Sebenernya ini adalah retret pertama kali buat aku maupun hubby setelah kita married 15 tahun yang lalu. Jadi saya benar - bener merasa mendapat hikmah yang luar biasa. Sebelum married pun kami termasuk orang yang jarang mengikuti retret... karena anggepan kami retret itu boring.... dengerin orang ngomong sambil ngantuk - ngantuk. Hubby pun tadinya males-malesan ikutnya. Karena sayanya semangat aja akhirnya dia mau ikut. Sekarang saya mo cerita tentang tempat retretnya di Wisma SVD tugu, cisarua. Setelah masuk pintu gerbang wisma... mobil kita masih harus jalan lagi nanjak ke atas ke tempat parkir. berhubung kita telat.... tempat parkir diatas penuh.... jadi kita parkir nyempil kebetulan ada sedikit tanah kosong sekitar 100 m dari pintu gerbang (waktu pulang ada 2 mobil lagi yang parkir dibelakang mobil kita). Udaranya asli seger...abis.... banyak pepohonan... kemana mata memandang pasti hijau-hijau semua. 
Kamar kita dapet  disemacam kaya rumah panggung gitu yang didalamnya dibagi kamar - kamar. Semua ada kamar mandi di dalam. Dan yang paling penting.... ada air hangat tuk mandi...jadi masing- masing kamar mandi punya water heater sendiri....! Selamat aku...hi..hi..hi.. soalnya aku gak bisa mandi air dingin...! Didalam kamar ada 2 ranjang, lemari, meja tulis, teko dan gelas serta wastafel kecil. Tapi untungnya ada stop kontak jadi tetep bisa charge hp, bb dan lain-lain.Didekat tangga ada aqua galon yang bisa air panas dan dingin. Jadi bisa isi di teko buat bawa ke kamar.
searah jarum jam
Atas, jalan ke arah ruang pertemuan,  Pondokan tempat kamar kita
tempat parkir atas yang penuh,  Pondokan tempat panitia
Romo Jusuf Halim SVD sedang bernyanyi bersama Nafiri vocal
Pantung Santo Yoseph  & Jalan menuju ruang pertemuan
Di Wisma SVD ini ternyata ada gua Maria. Letaknya di sebelah atas ruang makan. Jadi dari ruang makan kita jalan menuju ke atas di atas ada pintu gerbang kayu yang besar kita masuk lewat situ.  Area Gua Maria ini terletak di atas bukit karena jalannya dari bawah itu naik tangga terus ke atas. Disini juta terdapat area untuk jalan salib. 
Gua Maria
Dinding batu itu terletak  di samping gua Maria. Didepan gua Maria ada pohon yang dililit sarung seperti di bali. Yang ada payungnya itu adalah tempat pasang lilin buat Bunda Maria. 
Tempat jalan Salib nya yang sejuk dan banyak pepohonan.

Romo Jusuf Halim bernyanyi bersama Nafiri Vocal
Puas saya mengikuti retret ini... tempatnya enak, sejuk dan udaranya fresh sayapun mendapat banyak bekal untuk kehidupan berkeluarga. Di retret ini kita disuruh membeli sepasang kaus dengan logo retret tulang rusuk. Hari terakhir retret... semua peserta mengenakan kaus ini... kaus ini juga sudah diberkati oleh romo loh... waktu malam sebelumnya. Nah... kalo ada retret tulang rusuk lagi ... kita boleh ikut misa penutupannya asal kita mengenakan kaos ini. Kalo gak salah kemaren saya sempet ngobrol - ngobrol dikit sama panitianya ntar bulan November 2013 ini tanggal 1,2,3 akan diadakan retret tulang rusuk lagi di Wisma SVD ini. Jadi kalo ada membutuhkan informasi lebih lanjut bisa mengirimkan email ke saya atau di comment aja di bawah. Saya akan coba bantu. Saya sendiri berencana mo ikutan misa penutupannya lagi nih bulan november itu. Semoga bisa terlaksana yach......()✌






10 comments:

  1. Halo Angela
    Mau tanya gimana ya caranya aku bisa ikut retret November ini? Sebab aku juga mengalami kesulitan nih daftarnya, kok pakai waiting list... Memang berapa ya kapasitas pasangan yg bisa ikut dlm sekali retret?
    Lalu mau tanya juga, apa benar retret ini cuma bisa diikuti sekali saja seumur hidup?
    Dan apakah ada narasumber awam yg ikut bicara di depan selama retret? Panitianya orang awam atau frater/suster seperti di Lembah Karmel ya?
    Thanx yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga.... biasanya jumlah peserta retret dibatasi sesuai dengan kapasitas tempatnya. Kalo menurut saya berhubung peminat retret ini banyak dan materinya kurang lebih sama... jadi romonya berpesan kalo sudah satu kali ikut diharapkan tidak ikutan lagi.... untuk memberi kesempatan pada yang belum pernah ikut.
      Panitia retret ini pasangan suami istri yang pernah ikut retret tulang rusuk ini.... biasanya dibagi perwilayah, misalnya ada yang pegang area kelapa gading, pluit, duren sawit dsb.
      Coba aja hubungin ibu tjing tjing pada jam kerja di no 021- 8511337 atau untuk bulan november ini hubungin langsung aja ke rumah retret tugu di 0251- 8255016 atau 0251-4808083 bisa tanya siapa panitia tulang rusuk yang bisa dihubungin.

      Delete
  2. Hi, saya denger dari teman saya yg pernah ikut, kalau ada satu ruang doa di atas bukit yg sangat tenang dan bagus untuk berdoa. Biasanya romo akan menyuruh untuk doa disana..nama ruangan nya apa ya?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga felicia, waktu saya ikutan retret itu gak disuruh doa di atas bukit ..... cuma abis pengakuan dosa kita bisa berdoa di ruang adorasi yang ada disebelah kapelnya.

      Delete
    2. Bulan September 2013 aaya sudah mendaftar untuk tahun 2014 ini, karena jadwal November kemarin sdh penuh. Namun 1 minggu sebelum jadwal November ada yang batal ikut, tetapi kami sudah punya jadwal lain yang tdk bisa ditinggal. Jadi sekarang kami menunggu kabar apakah di tahun 2014 kami bisa gabung untuk Retret Tulang Rusuk 2014. Kapan ya jadwal terdekat di tahun ini? Saya bisa dihub di fpieloor@gmail.com . Terima kasih banyak atas sharing nya. Salam

      Delete
    3. Hmmm... kalo jadwal terdekat saya hanya tau yang bulan november kemaren itu. Soalnya saya sendiri bukan panitia retret.... cuma peserta retret aja. Tapi kalo sudah daftar ke panitianya ... ntar pasti dihubungin kok.... aku dulu juga gitu dihubungin sekitar 2-3 minggu sebelum acara retretnya ^_^.

      Delete
  3. halo..
    saya mao sharing...
    kemarin tgl 21-23 maret saya baru ikut ret2 nya..
    saya cuma bisa bilang luar biasa..
    saya org yg jarang gereja..
    saya jarang berdoa..
    saya katolik..
    tapi setelah ikut ret2 ini..
    saya sangat2 tersentuh..
    apalagi yang diceritkan adala persoalan suami istri.. dimana sekarang ini sangat rentan antara suami dan istri utk bercerai..
    tapi apa yg diceritakan romo kepada kami.. sungguh2 menusuk dan benar..
    sangat tidak menyesal mengikuti ret2 ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga , saya ikut senang mendengar ada pengaruh yang positif buat richie saya juga merasakannya. Sejak ikut retret jika hubungan saya dan suami lagi tegang ada aja petunjuk yang saya dapatkan .... bisa tiba - tiba ada orang di bb sharing quote yang mengena di hati saya , ada yang sharing tentang kutipan di fb atau kadang - kadang malah ada orang yang bicara langsung trus kena di saya. Padahal mereka tidak tahu saya sedang ada masalah. Retret ini benar - benar menjadi bekal hidup berkeluarga bagi saya.

      Delete
  4. Dear Angela ,

    Salam kenal..saya Linda.saya ingin bertanya kalau sy & suami sama sekali blm pernah ikut retret awal , apakah cocok utk ikut retret tulang rusuk ? Dan apa anda tau jadwal retret untuk 2014 ini ? Apakah sudah lewat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Linda, salam kenal juga.
      Dulu waktu saya dan suami ikut retret ini juga gak ikut retret awalnya. Jadi langsung ikut retret tulang rusuk nya. Jadi saya rasa sih cocok cocok aja yaa.. ! Dari awal retret materi yang diberikan lebih kepada kehidupan kita sehari - hari. Jadi gampang diterima dan dimengerti sama kita. Untuk tahun 2014 ini saya gak tau jadwalnya. Tapi waktu retret kemaren (2013) dibilangin untuk wilayah jakarta dapet jatah 3 kali retret selama setahun. Yang lainnya dibagi - bagi di daerah lain.
      Kalo untuk Jakarta bisa hubungi ibu Tjing - tjing di no telp (021)8511337 atau di kantor rumah retret tugu (0251) 8255016 atau (0251) 4808083, karena romo Halim merupakan salah satu team retret di rumah tugu itu.
      Semoga informasi ini bisa membantu.

      Delete