Wednesday, February 11, 2015

Holiday @Mariner of the seas cruise

Pagi ini bangun kita beberes terakhir, setelah beres semua langsung seret koper turun ke bawah. Berhubung hari ini liftnya ada yang di perbaiki, cukup lama juga akhirnya nunggu lift. Sambil nunggu rombongan sampe dibawah semua, kita sarapan di kopi tiam yang ada dibawah apartemen. Setelah kumpul semua, and selesai sarapan, kita jalan lagi kesebrang...sambil geret-geret koper. Kita naik taxi didepan OG, disini ada kaya pangkalan buat naik taxi. Jam 10.30 kita udah antri naik taxi didepan OG, tujuannya ke Marina Bay Cruise Center. Ternyata gak begitu jauh... kurang lebih sekitar 20 menitan kita udah sampe di sini. Begitu turun taksi aja kita udah liat antrian panjang mengular gitu. Ternyata hari ini ada 2 cruise yang berangkat Princess Cruise sama Royal caribbean.Di lobi depan udah langsung dibagi jadi 2 barisan, begitu turun taksi langsung ditanya kita naik kapal apa kemudian diarahkan antrinya ke sebelah mana. Untungnya koper kita udah dipasangin tagnya royal caribbean. Jadi pas kita antri masuk ada petugas yang cek koper kita, begitu dia lihat tagnya, langsung dia panggil petugas lainnya and bilang kita bisa langsung masuk ke dalem gak usah antri bagasi lagi. Koper kita langsung dibawa sama dia ke dalam sama petugasnya. Jadi kita masuk tinggal antri cek tiket and pasport didalam.

Antrian didalam, cek tiket and pasport
Ternyata antrian didalam panjang juga melingker - lingker gitu. Untungnya lumayan cepet juga prosesnya. Selesai cek tiket, scan handbag. Disini aku lupa bawa bakpau bekas sarapan tadi pagi, akhirnya itu bakpau gak boleh masuk di tinggal deh disini. Setelah itu kita antri lagi kali ini buat nuker tiket kapal sama sea pass. Disini kita isi form, tukerin tiket, cek pasport, setelah beres kita dibikinin sea pass. Setiap orang pegang 1 sea pass kemudian  dijelaskan juga sea pass nya buat apa. Anak - anak juga pegang sea pass mereka sendiri. Walau keliatannya lama... tapi petugasnya pada gesit, jadi prosesnya juga berlangsung cukup cepet gak pake lama.
Sea pass ini fungsinya buat kunci kamar,  buat transaksi di kapal, sama sebagai pengganti pasport . Karena pasport kita akan disimpan pihak cruise, jadi kalo kita turun dan naik kapal diceknya melalui sea pass nya ini. Jadi gak boleh hilang.
Ini sea pass kita kurang punya hubby 1, buat anak anak aku pakein pass case
biar bisa dicantolin ke tas mereka
Setelah sea pass nya selesai, kita dikasih cruise compas hari ini, sama peraturan dan tata tertib di kapal. Selain itu kita juga ditanya sistem pembayaran yang kita inginkan apakah cash or credit card.  Jadi di kapal kita kalau mau belanja pake sea pass ini, tapi di hari terakhir pelayaran kita baru bayar total dari sea pass yang kita gunakan ke information desk secara tunai. Kalo pake credit card rasanya mereka langsung potong trus kita terima perinciannya. Aku kurang ngerti deh kalo credit card, tapi rasanya sih begitu.
Selesai ambil sea pass kita langsung jalan masuk ke kapal. Baru jalan sebentar udah ada antrian lagi.... aku pikir oh... priksa sea pass kali. Jadi udah siap - siap tuh keluarin sea pass nya.... ternyata sampe depan cuma foto. Jadi setiap keluarga or rombongan di foto bareng kelasi berseragam lengkap sama kru kapal baru bisa lanjut. Abis foto kita jalan ngelewati lorong panjang. Akhirnya sampe diatas kapal, didepan ada meja sama kru kapalnya . Disini kita diperiksa sea passnya trus di cek lagi pasportnya trus disimpan sama kru kapalnya. Kita dipersilahkan terus jalan masuk ke dalam kapal.
(1) Kapal Mariner of the sea         (2) Lorong panjang yang menghubungkan kita ke kapal
(3)   Ujungnya kapal masih juga belon kelihatan.
Sampe dalam kapal ternyata ada acara foto lagi. Kali ini foto dengan background gambar kapal mariner of the seas. Setelah foto, disebelah depannya ada kru kapal wanita yang nanyain laura sama karen umur berapa dan no cabin kita. Kemudian karena karen umur 10 thn, maka dikasih gelang biru yang gak boleh dilepas selama perjalanan di kapal. Tujuannya kalo anak itu tersesat or ada keadaan emergency, kru kapal bisa tau harus diantar ke area mana di lantai berapa. Sedangkan laura karena sudah berumur 13 tahun sudah gak dipakein gelang. Selain itu kita juga dikasih compas cruise khusus child untuk karen and teenager untuk laura. Setelah itu kita diarahkan ke ruang makan untuk makan siang dahulu, karena kemungkinan kamar belum siap. Kalo gak salah kita makan buffet yang disediain di lt 3, Resto Rhapsody in Blue. Biasanya disini resto untuk fine dining bukan buffet.  Tapi siang ini udah disiapin pake meja- meja panjang untuk bufet. Soal makanan jangan ditanya deh... pokoknya enak, banyak pilihan.
Buat aku ini pengalaman naik cruise yang ke 3. Dulu udah pernah nyobain naik  A***I  dream yang di Indonesia, berlayar ke pulau karimun jawa. Trus pas lagi hamil laura 4 bulan kalo gak salah, itu naik V***o  S**r cruise  itu rutenya kurang lebih samalah.Kalau Laura sama Karen ini baru pertama kalinya. Makanya mereka tersepona banget liat  isi dalam kapal. Berulang kali ngomong wah... gede bener nih kapal, rasanya gak percaya ini ada didalam kapal he...he...he...   . Emang kapal ini kalo dibandingin sama si S**r cruise itu lebih mewah dan lebih besar kapal ini jauh....! Aku sendiri aja sempet kagum ngeliat interior dan fasilitas yang ada. Belon lagi kebersihannya bener - bener dijaga. Baik outdoor maupun indoor aku gak pernah liat ada sampah bungkus plastik or tisu yang tercecer.
Setelah selesai makan, udah puas nyobain  buffetnya, kita jalan ke kamar. Kamar kita ada di Lt 9, no 9355. Sampe di kamar, ternyata kamar udah beres, udah rapih dan didepan pintu udah standby 2 koper kita. Tadinya aku pikir itu koper bakalan lama nyampe kamarnya, soalnya tadi di pelabuhan banyak banget antrian kopernya. Kamarnya sendiri lumayan lah... gak sesempit bayangan aku.

(1) Tempat tidur susun yang udah dipasang, masih kelihatan agak lega karena gak ada tangganya
(2) Ruang nonton tv + sofa + lemari + pintu kamar mandi disamping kaca itu
Kita dapet kamar 9355, yang atas tepat tidur posisi terlipat ke samping.  Nah setelah pasang tangga,
baru keliatan makin sempit. Upss .... abaikan baju baju yg berserakan itu.
Sudah pasti laura and karen seneng banget bisa tidur di ranjang susun gini. Jauh- jauh hari mereka udah bikin request mau tidur di ranjang yang atas. Dan ternyata para sepupu yang kamar lain juga samaa.... semua tidur di ranjang atas. Bahkan si kecil briena juga gak mau tidur di ranjang yang bawah, minta tidur diatas juga.
Kamar mandinya kecil, muat satu orang didalam, kalo berdua jalan musti miringin badan. Ada meja wastafel. Lumayan bisa taro - taro sikat gigi dll. Kacanya besar dan kiri kanannya bisa dibuka ada rak kecil bisa buat simpen barang kecil - kecil. Diruang showernya udah ada 2 rak buat taro sabun or shampo. Disini juga ada  dispenser sabun cair, sabun cairnya lumayan wangi aku suka. Di meja depan ada sederetan stop kontak dengan berbagai standart. Dari colokan standart singapore (3), standart Us yang pipih, sampe yang biasa kita pake bulat 2, itu ada semua. Jadi aman, kita tinggal pasang colokan ekstension aja soalnya bawa banyak gadget. Di meja ini ada teko buat masak air panas (yang gak pernah kepake karena udah ambil minum di ruang makan), gelas, dan hair dryer di laci paling atas. Di samping kiri kanan kaca ada rak - rak kecil lagi  buat taro - taro. Laci meja dikiri ada 1 laci agak kecil, dan yang  di kanan itu tempat hair dryernya. Sisanya ada 3 laci di kiri dan kanan, aku pake buat naro bajunya laura and karen. Koper masuk lemari buat naro - naro baju kotor. Disini lemarinya model lemari yang buat gantung baju gitu. Didalam lemari bagian kirinya ada rak kecil buat safety life jacket. Jadi dibawah lemari bisa buat tempat naro koper yang ukuran sedang.Dibelakang tv itu ada rak kayu yang isinya safe deposit sedangkan diatasnya kosong, bisa buat naro - naro barang lagi. Handbag sementara masuk kolong ranjang di sebelah tv. Biar gak ribet... kalo gak susah jalan , spacenya terbatas.

Kamar mandinya, muat satu orang doang. Closet dipojokan ,
sebelahnya shower pake pintu yang melengkung
(1) Depan shower and closet ada wastafel. Sisi kiri kanan kaca bisa dibuka ada rak kecil didalamnya
(2) Meja rias. Kiri kanan kaca ada rak kecil, diatas tv ada safe deposit dibalik pintu rak kayu
Setelah selesai taro - taro barang, kita telp ke kamar esye disebelah and kamar nyokap di gang sebelah. Kita mau keliling kapal. Anak - anak udah jalan sendiri dari tadi sama para sepupu. Kita naik ke lt 12, disini ada jogging track, bangku - bangku buat ngejemur, sky bar, spa and fitness center. Dari sini kita bisa liat cruise sebelah yang mo berangkat juga, Saphire Princess Cruise. Ini cruisenya gede juga hampir sama besarnya kaya Mariner of the sea.
(1) Joging track di deck ...cuaca lagi mendung di singapore    (2) Bangku - bangku buat ngejemur di deck
(3) Tetangga kita yang mo berlayar juga, Saphire princess cruise
Dari sini kita foto- foto view ke kolam renangnya di dek 11. Disini ada big movie screen, jadi kalo berendem di whirlpool bisa sambil nonton. Disini ada 4 whirlpool yang buka sampe jam 10 malem kalo gak salah. Dibalik big screen itu, letak cafe Windjammer. Di area kolam ini ada pool towel station, tempat peminjaman handuk (free) yang letaknya di pinggiran sebelum masuk ke solarium, jadi gak usah bawa - bawa handuk di kamar. Pool towel station ini buka dari jam 11 siang sampe jam 10 malam. Kalau jalan terus ke arah pool bar, ada solarium. Solarium itu kolam renang untuk dewasa, ada bar dan ada whirlpoolnya juga. Kalo ke ujung lagi itu ada tempat fitness, sauna, stem, whirlpool and spa. Untuk fasilitas sauna, stem, whirlpool dan fitnessnya itu free kalau untuk spa kita kena charge.
(1) Kolam renang + 4 Jacuzzi      (2) Jacuzzi air hangat yang ada dipinggir kolam
(3) kolam renang air tawar dan air laut     (4) Letak kolam renang dibawah joging track
Biasanya sekitar jam 13.30 itu di samping kolam deket pintu keluarnya dari windjammer itu ada free ice cream or forzen yogurt . Didekat situ juga dipasang meja yang disediain kopi, teh, air putih, krim, gula dan teman - temannya. Sementara di  sebelah ujung satunya ada stand hot dog, stand ini juga kita bisa dapet free hot dog. Hot dog di sini bisa customize dan ukurannya lebih besar dari hotdog yang ada di windjammer. Cuma free hot dog ini di jam - jam tertentu aja. Kalo lewat dari jam yang ditentukan kita harus bayar. Makanya supaya aman lebih baik tanya dulu sama yang jaga sebelum order. Ini hot dognya beneran besar dan enak (review dari hubby). Kalo gak salah waktunya barengan sama free ice cream itu. Kalo sempet cobain deh, gak pake antri lagi.... karena orang pada nyangka harus bayar, padahal ada jam - jam tertentu yang dikasih free.
Lanjut kita jalan lagi ke dek 13, disini ada lapangan basket, arena panjat tebing, mini golf sama arena buat main roller blade. Semuanya terletak di out door, jadi arena bisa sewaktu - waktu ditutup karena gangguan cuaca. Kalau gak salah ada meja pimpong juga deh deket sini. Trus kita jalan lagi naik ke dek 14, disini ada Jazz club, diamond club , dan viking crown lounge. Waktu kita ke sana, siang itu masih sepi semua. Mungkin bukanya agak sore or malam gitu.
Setelah itu kita naik tangga lagi ke dek 15. Ini adalah dek yang paling atas, dan paling kecil dibandingkan dek dek lainnya. Di sini ada kapel. Interiornya bagus.... dihiasi patung - patung besar setinggi orang. Sinar matahari masuk menerangi bagian dalam kapel melalui lukisan kaca yang dipasang dibagian atas kapel . Bagian interior kapel didominasi warna putih. Bagus  banget deh kapelnya... aku suka. Di luar pintu masuk kapel  ada kamar ganti buat pengantin.  Rupanya kalo ada request mo meried di kapal udah ada fasilitas kamar ganti buat pengantin.
(1) Lapangan basket      (2) Mini golf
(3) Area panjat tebing didekat lapangan basket
(1) Kapel di kapal     (2) Ruang kapel yang pake pencahayaan alami
(3) Patung - patung besar dekor kapelnya     (4) Ruang ganti pengantin
Gak kerasa kita udah ngiterin kapal dari dek 9, kamar kita sampe dek 15. Pegel juga nih kaki. Dek - dek bawah belon kita kelilingin nih.  Belakangan kita baru baca compas cruise, bahwa ada tour untuk keliling kapal yang ngumpulnya di lobi bawah. Pantes tadi waktu di kolam renang kita liat rombongan orang yang dipandu guide yang jelasin satu - satu fasilitas kapal. Tapi tournya bubar di lantai 13, gak sampe ke kapel atas.
Dari kapel ini kita balik ke kamar mau istirahat dulu sebentar sebelum makan malam. Rencananya setelah makan malam baru kita jelajahi lantai 9 kebawah.

1. wah manteb banget nih liat foto2x cruisenya....jd kepengen...doain ya...biar taon ini bisa cruise juga..:) thks for sharing ya....Angela Inge...;)

1. Thank you sandra.... ^_^ iyaa beres siiippp.... ntar didoain biar cepet kesampean yaa.... ^_^

2. halo, mau tanya. utk makan restoran itu berbayar atau free ya?

1. hi neri... thanks yaa udah mampir di sini.
      Kalo resto yang aku tulis di blog ini semua free. Biasanya dikasih tau resto mana aja yang free .. and mana yang bayar. Biasanya ditulis di koran harian kapal, tiap hari kita dibagiin itu buat liat acara - acara hariannya.

3. halo salam kenal, mau tanya dong kalau dikapal untuk internet katanya ada wifi ya,itu itungan perharinya kena charge berapa ya? kalau pake provider seluler masih baguskah sinyalnya dikapal, thanks

1. Hi.. salam kenal omka, thanks udah mampir disini. Untuk wifi ada paket yg di jual oleh mariner of the sea. Kalo enggak salah waktu itu sekitar usd 15/ day, kayaknya .. untuk lebih pastinya bisa dicek di webnya royal caribean .
      Kalau pakai provider seluler, selama pelayaran or kondisi kapal berlayar or di tengah laut, itu sama sekali gak ada sinyal, kecuali kalau beli wifi sama mariner of the sea itu bagus sinyalnya.
      Kalau kapal berlabuh di dermaga, baru provider selular dapet sinyal.

4. halo salam kenal, mau tanya donk, kalo baca dari tulisan kamu diawal2, berarti kamu tiba di Marina Bay Cruise Center nya skitar jam 11 siang dunk yah ? untuk keberangkatan jam 5 kah ? apakah kamu tau jam brp mulai pembukaan check in nya ?

dan 1 hal lagi yg paling penting, bagaimana cara nya bisa "koper kita udah dipasangin tagnya royal caribbean" ? apakah kamu mendapatkan tag nya terlebih dahulu sebelumnya by email atau kamu mampir sehari sebelumnya ?

1. Hi Lydia, iya.. kapal kita untuk keberangkatan yang sore. Kalo gak salah waktu itu kita sempet makan siang dulu baru jalan ke Marina Bay. Mengenai jam buka check in nya kurang tahu tapi waktu kita sampe siang itu antrian udah panjang sih... walau antrian panjang tapi lumayan cepet majunya karena banyak staff yang ikut bantuin registrasinya.
      Tag koper kita dapetnya dijakarta waktu selesai pembayaran dikasih tau nanti disuruh ambil tag buat koper sebulan sebelum keberangkatan. Tapi seandainya belon dapet tag koper juga gak usah khawatir... begitu turun di marina bay langsung ada petugas yang bawa tag and siap pasangin tag di koper kita. Ada beberapa petugas yang keliling, biasa mereka nyamperin orang yang baru dating ke situ.

5. Salam kenal ya..saya terkesan sekali ama ceritanya..sampai pengen nyoba naik cruise ini..
    Berangkat yang bulan apa paling nyaman? kawatir hujan ..ntra ga bisa kemana2. Lalu beli dimana yang harganya murah.

1. Hi juga lily... Kalo bisa perginya jangan pas musim hujan.
      Untuk harga yang murah bisa hunting pada saat ada pameran cruise or travel fair atau bisa juga pilih bulan yang non high season biasanya ada diskon khusus.

6. Halo salam kenal. Mau tanya kalau untuk laundry apakah uda termasuk atau bayar lg ya?thank you

1. hi... untuk laundry tetap dikenakan biaya tambahan. Sebaiknya sih gak usah laundry yaa... agak mahal biayanya dalam US dolar.